7 Theme Gratis WordPress untuk Blog dan Bisnis Anda

Selama lebih dari 1 dekade, WordPress telah memberikan kontribusi yang besar dalam proses produksi website hingga menjadi platform dari 20 persen di seluruh dunia saat ini. Dalam rentang waktu tersebut, platform open-source ini telah merangkul ribuan pengembang serta desainer yang kemudian menjadi kontributor dalam pengembangan kontennya serta sistem manajemennya sehingga WordPress memberikan blogger dan bisnis beragam produk, servis, serta konten.

Menemukan theme WordPress yang sesuai dengan keinginan memberikan tantangan tersendiri. Anda perlu memikirkan sejumlah faktor seperti jenis website apa yang akan anda bangun serta segmentasi pengunjung menjadi target dari website tersebut. Masing-masing theme menawarkan hal yang berbeda satu sama lainnya, mulai dari template halaman, widget, coding, koleksi huruf, layout, serta tingkat respon dari theme tersebut.

Oleh karena itu kami memberikan ulasan singkat mengenai tujuh theme gratis WordPress yang dapat Anda gunakan untuk membangun website Anda

Attitude

Attitude merupakan theme WordPress yang menjadi andalan Themehorse, dengan mengedepankan desain yang simpel dan klasik. Dalam theme Attitude ini terdapat sejumlah aspek page builder yang dapat dikustomasi, seperti dua page layouts, lima page templates, lima widget areas, empat custom widgets, serta sejumlah aspek menarik yang dapat menjadi pondasi yang baik dalam membuat website Anda. Meskipun tidak memiliki beberapa fitur seperti koleksi huruf yang berlimpah dan opsi galeri, versi gratisnya mendukung plugin yang beragam (Breadcrumb NavXT, WP-PageNave, dan lain-lain), memiliki penerjemah built-in hingga delapan bahasa, serta dioptimalkan untuk retina display yang secara otomatis dapat disesuaikan dengan tampilan pada tablet dan perangkat mobile lainnya.

Swift Basic

Swift Basic merupakan theme WordPress yang memiliki loading tercepat serta memiliki proses intelligent loading yang berfungsi untuk memberikan prioritas utama pada elemen terpenting dari halaman website.Desain yang sederhana dari Swift Basic merupakan strategi untuk mengoptimalkan kecepatannya. Theme ini menyediakan fitur post sliders, delapan widget areas, serta opsi sidebar yang dpat digunakan oleh website yang memiliki desain berorientasi majalah. Penyesuaian pada aspek desain dan meta info dapat dilakukan melalui drag-and-drop interface. Selain itu terdapat pula fitur standar WordPress seperti menu, tipe dan format post, dan lain sebagainya

Customizr

Sesuai dengan namanya, Customizr merupakan theme gratis WordPress yang menawarkan fleksibilitas dalam mengkreasikan website sehingga website Anda dapat memiliki keunikan tersendiri. Dibangun berdasarkan platform Twitter Bootstrap dengan HTML5 dan CSS3, theme besutan Nikeo ini memiliki karakteristik yang cepat, responsif, SEO optimized, dan mudah untuk digunakan bahkan untuk pemula sekalipun. Beberap fitur dan elemen desain yang ditawarkan dalam theme ini adalah individual skins, logo, profil media sosial, responsive slider generator, tombol call-to-action, dan desain yang beragam untuk tampilan layout secara keseluruhan. Customizr juga kompatibel dengan plugins WooCommerce sehingga theme ini tepat digunakan untuk bisnis dan blogger yang ingin mengintegrasikan penjualan merchandise di dalam websitenya.

Tracks

Fullscreen capture 1212016 13401 PM

Apabila Anda mencari theme untuk website yang memiliki konten penulisan serta kontributor yang cukup banyak, Tracks merupakan pilihan yang mumpuni. Theme ini juga memilliki sejumlah fitur menarik seperti tautan ke akun media sosial penulis post yang terdapat pada author bios yang terletak di bagian bawah post serta tautan ke akun media sosial dari website yang terdapat di bagian atas halaman website sehingga tidak bercampur aduk dengan tautan akun sosial media penulis post. Terdapat pula sejumlah fitur lain seperti search bar, beragam post layout, kontrol untuk menampilkan komentar, logo uploader, dan ikon-ikon dari sosial media sehingga memudahkan user untuk melakukan navigasi serta pembuat website untuk melakukan branding. Ringkasan tulisan juga dapat dikustomasi sehingga dapat memberikan tampilan depan yang menarik dan dapat dipadukan dengan tampilan gambar header.

Longform

screenshot

Theme besutan Cohhe ini merupakan satu-satunya theme gratis WordPress yang memiliki kompatibilitas penuh dengan Aesop sehingga menjadikan Longform dapat menjalankan dengan baik plugin storytelling engine ini. Dengan demikian Anda dapat memasukkan komponen seperti bab atau linimasa yang memiliki desain yang sesuai dengan cerita yang akan disusun di website Anda, juga menambahkan pemutar audio dan video untuk meningkatkan pengalaman dalam membaca. Terdapat pula sejumlah perangkat yang memberikan kustomasi pada karakter di cerita Anda, seperti menampilkan avatar, nama, serta informasi singkat dari karakter. Anda juga dapat mengkurasi semua cerita yang memiliki tags yang sama dalam satu halaman website, sehingga anda anda jalur untuk mengakses konten-konten terbaik di website. Theme ini juga sudah responsif dan retina-ready sehingga dapat memberikan pengalaman interaktif baik di desktop maupun di smartphone.

Libre

Fullscreen capture 1212016 115725 AM

Libre merupakan pilihan bagi para penulis yang menginginkan website yang memiliki lebih banyak konten kata dibadingkan gambar. Oleh karena itu, theme ini memiliki desain yang tidak terlalu rumit dan cenderung memiliki ruang yang yang cukup lengang. Fitur bar navigasinya yang tetap menjadikan sejumlah tautan esensial tetap dapat dengan mudah diakses oleh pengunjung website ketika sedang membaca post atau cerita yang panjang. Di samping itu terdapat pula tiga lokasi widget yang dapat digunakan untuk memberikan informasi tambahan di bagian bawah halaman website. Terdapat tiga pilihan layout yang dapat digunakan untuk membuat website menggunakan theme Libre ini, yang juga dilengkapi dengan beragam custom menu, header, skema warna, dan latar belakang. Foto, video, serta galeri juga dapat dimasukkan ke dalam elemen website meskipun tidak menjadi bagian yang terpenting dalam theme ini. Hal ini lah yang menjadi bagian terbaik dari Libre, di mana para penulis dapat lebih fokus pada konten dari website daripada tampilannya.

Cubic

cubic-homepage

Apabila Anda menginginkan sebuah theme WordPress yang dinamis dari segi visual, Cubic dapat menjadi pilihan Anda. Theme ini dapat menampilkan konten website Anda dalam bentuk grid yang berisi foto-foto dan tautan ke halaman artikel foto tersebut. Tampilan tersebut tidak terganggu oleh menu sebab 2 custom menu dalam theme ini terdapat di bagian bawah halaman website, yang berisi tautan ke media sosial, dan side bar yang memiliki fitur slide-out. Kustomasi yang ditawarkan juga beragam seperti post layout, informasi terkait penulis, gambar header yang dapat diatur antara fixed dan unfixed, serta pilihan warna theme. Terdapat pula fitur menampilkan post dalam format blok warna apabila tidak ada gambar di dalamnya. Meskipun tampak tak sefleksibel theme yang lain, Cubic memberikan kesempatan kepada user untuk membangun website yang menarik dengan usaha yang minimal.

Nick Santiago
Believes that ghosts are people from the future in some special suits
Share:

1 comment

Leave a Reply