Manfaat Layanan Cloud di Industri Hotel dan Restoran

Beberapa waktu yang lalu, kami memberikan ulasan mengenai penggunaan sistem manajemen yang baik dan terintegrasi dapat membantu industri hotel dan restoran. Penggunaan cloud hosting merupakan salah satu poin dalam pengembangan sistem yang terintegrasi tersebut.

Konsep cloud ini pertama kali didengungkan oleh J. C. R. Licklider pada tahun 1969, yang memunculkan visi bahwa semua orang di seluruh dunia dapat terhubung serta mengakses program dan data dari sebuah sumber, di mana saja. Salah satu titik dari penggunaan cloud secara massal dimulai pada tahun 1999 ketika salesforce.com menjadi pionir dari aplikasi yang dapat digunakan melalui website sederhana. Hal ini yang kemudian membuka jalan bagi pihak-pihak lain untuk memberikan layanan aplikasi yang dapat diakses secara online.

Layanan cloud ini tentu saja bersifat sangat fleksibel dan dapat diaplikasikan dalam berbagai segmen. Salah satunya adalah di industri hotel dan restoran. Dengan mengaplikasikan layanan cloud pada industri hotel dan restoran Anda, Anda dapat memperoleh sejumlah manfaat yang membuat Anda menjadi semakin kompetitif di dalam bisnis ini.

Cloud Dapat Membantu Mengurangi Biaya yang Dikeluarkan
Penggunaan layanan pada cloud dapat dikostumasi sesuai dengan kebutuhan hotel atau restoran Anda. Hal ini berarti bahwa Anda hanya membayar seusai dengan layanan yang digunakan, misalnya besarnya penyimpanan cloud serta perangkat komputer yang Anda butuhkan. Melalui penggunaan cloud ini, Anda tentu saja dapat mengurangi pengeluaran terkait hardware, listrik, serta operasional yang harus Anda keluarkan jika menggunakan server on-site.

Terkait dengan pengurangan biaya pula, Anda dapat menyesuaikan penggunaan Anda dari waktu ke waktu. Misalnya saja hotel atau restoran anda memasuki peak season sehingga anda perlu untuk meningkatkan kinerja sistem manajemen, Anda dapat meningkatkan kuota penyimpanan di server cloud dan dapat mengaturnya kembali ketika peak season telah selesai.

Cloud Dapat Memberikan Keamanan serta dapat Diandalkan
Salah satu hal yang menjadi ciri khas dari layanan cloud ialah Anda tidak perlu lagi menyediakan perangkat on-site. Semua data Anda disimpan di server penyedia layanan cloud tersebut sehingga apabila terjadi musibah ataupun pembobolan keamanan di tempat anda, data anda akan tetap tersimpan dengan aman. Selain itu, penyedia layanan cloud juga melakukan pengawasan yang ketat di masing-masing lokasi infastrukturnya.

Cloud Memberikan Fleksibilitas dalam Bekerja
Melalui layanan cloud, Anda diberikan kemudahan untuk mengakses data kapan saja dan di mana saja. Selama anda memiliki akses internet, anda dapat mengakses data dari layanan cloud yang berbasis web. Anda dapat menggunakan berbagai perangkat untuk mengakses data di hotel atau restoran Anda, seperti komputer, smartphone, atau tablet.

Apabila anda telah memiliki beberapa gerai restoran atau hotel, layanan cloud pun memberikan kemudahan untuk melakukan pemantuan terhadap masing-masing gerai Anda karena setiap data yang dimasukkan dapat anda lihat secara real-time, sehingga Anda tidak perlu lagi melakukan kunjungan atau menunggu laporan dari karyawan anda mengenai perkembagan bisnis di tiap gerai.

Cloud Dapat Meningkatkan Pelayanan kepada Konsumen
Penggunaan layanan cloud juga akan mengoptimalkan kinerja staff Anda yang tentunya berdampak pada kepuasan terhadap konsumen. Kolaborasi para staff akan mengalami peningkatan sehingga staff anda akan menjadi lebih responsif dan bekerja lebih efisien. Para pelanggan juga akan semakin dimudahkan apabila hotel dan restoran Anda memiliki aplikasi yang dapat diakses oleh smartphone atau tablet mereka, sehingga mereka dapat menyampaikan permintaan secara langsung melalui perangkat yang mereka miliki.

Layanan cloud merupakan sebuah sistem yang biaya operasionalnya jauh lebih murah, mudah dikonversikan ke berbagai platform, serta memiliki keamanan yang lebih baik serta dapat diandalkan. Oleh karena itu, sejumlah manfaat layanan cloud di industri hotel dan restoran ini tentu dapat membuat Anda menjadi lebih kompetitif di industri yang tidak pernah lesu ini.

 

Nick Santiago
Believes that ghosts are people from the future in some special suits
Share:

1 comment

Leave a Reply