Peran Sistem Manajemen Hotel dan Restoran dalam Keberhasilan Bisnis Anda

Industri restoran dan hotel merupakan industri yang terus bertumbuh dari waktu ke waktu. Perkembangan tersebut berdampak pula kepada sistem pendukung dari industri restoran dan hotel, seperti sistem manajemen. Keberadaan sistem manajemen yang baik dan terintegrasi dapat menjadi salah satu kunci keberhasilan di dalam industri ini.

Sayangnya pengadaan sistem manajemen yang terintegrasi tersebut dirasakan oleh para pelaku industri sektor ini sebagai sebuah hal yang cukup memakan biaya serta memerlukan perawatan yang tidak sederhana, sehingga seringkali tidak menjadi prioritas utama dalam rencana pengelolaan restoran atau hotel.

Cloud Hosting
Perkembangan teknologi yang cukup pesat tentu memberikan dampak yang cukup signifikan dalam sektor sistem manajemen hotel dan restoran ini. Keberadaan cloud hosting menjadi solusi dari pengadaan perangkat server secara fisik serta penyediaan ruang dan sumber daya manusia untuk mengelolanya. Hal ini tentulah menjadi sebuah pertimbangan tersendiri bagi pelaku industri restoran dan hotel, terlebih lagi yang berskala menengah dan kecil.

Dengan adanya teknologi cloud hosting ini, data dapat dikelola oleh banyak server sehingga user mendapatkan kinerja server yang stabil serta sumber daya yang tidak terbatas karena terhubung ke banyak mesin fisik yang terdapat di tempat lain. User dapat mengatur penggunaan server sesuai dengan kebutuhannya sehingga biaya yang dikeluarkan menjadi tepat sasaran.

Dengan menggunakan cloud hosting, user terhubung ke server yang berada di lokasi yang berbeda sehingga dapat melakukan efisiensi biaya karena tak perlu lagi menyediakan server on-site. (Sumber)

Modul yang Terintegrasi
Modul-modul yang terdapat dalam sistem manajemen juga menjadi elemen yang dapat membantu kinerja di sektor industri restoran dan hotel ini. Point-of-Sales (POS) merupakan elemen kunci yang merekam setiap transaksi di restoran, seperti juga halnya reservasi front desk pada hotel. Kemudian terdapat pula modul laporan keuangan yang dapat diakses melalui sisi back-end pada tiap restoran dan hotel. Modul keuangan ini memberikan laporan dari performa bisnis secara detail sehingga dapat membantu user untuk melakukan analisa bisnis untuk restoran atau hotel yang dikelolanya.

Di samping itu, terdapatnya modul Human Resources Development (HRD) yang berfungsi untuk memantau serta menilai produktifitas para karyawan di restoran atau hotel yang dikelola oleh user. Modul-modul tersebut serta sejumlah modul yang lainnya merupakan fitur yang diproses secara real-time serta terintegrasi.

Lokal Hotel & Restaurant menggunakan sistem manajemen yang dapat mengakses modul POS dan front-desk. Di samping itu, terdapat pula fitur untuk memasukkan data customer secara langsung di POS-nya. (Sumber: Dok. OntelStudio)

Aplikasi Berbasis Web
Kemudahan untuk mengakses juga merupakan hal yang menjadi pertimbangan dalam penggunaan sistem manajemen restoran dan hotel tersebut. Seringkali akses yang terbatas menjadikan para pengelola restoran dan hotel enggan untuk menggunakan sistem manajemen tersebut. Namun hal itu tidak menjadi hambatan lagi apabila sistem manajemen restoran dan hotel merupakan aplikasi yang berbasis web sehingga bisa diakses melalui browser internet.

Hal ini kemudian menjadikan user semakin mudah untuk mengakses sistem manajemen hotel dan restoran tersebut tidak hanya dari komputer atau laptop saja, namun juga dapat melalui tablet ataupun smartphone sehingga user dapat melihat proses jalannya bisnis hotel atau restorannya kapan saja dan di mana saja.

RGB básico
Aplikasi berbasis web menjadikan sistem manajemen hotel dan restoran Anda lebih mudah diakses dari beragam perangkat dan operating system. (Sumber)

Melalui pengaturan serta penggunaan yang tepat, perangkat serta sistem manajemen yang telah anda investasikan akan memberikan hasil yang optimal pada bisnis hotel dan restoran yang anda miliki.

Nick Santiago
Believes that ghosts are people from the future in some special suits
Share:

Leave a Reply