The IT Crowd

“Hello, IT. Have you tried to turn it off and on again?”

Apa yang Anda rasakan ketika menghubungi IT support lalu kemudian mendapatkan respon seperti itu? Tentu saja menyebalkan apabila Anda menginginkan petunjuk yang lebih advance dari sang IT support. Namun pertanyaan ini akan menjadi sangat berbeda rasanya dalam serial komedi situasi The IT Crowd.

(Sumber)

Berlokasi di sebuah perusahaan fiktif Reynholm Industries (yang tidak pernah dijelaskan memiliki produk seperti apa) di London, The IT Crowd merupakan sebuah serial komedi yang menampilkan beragam stereotip terkait IT dan para penggiatnya, seperti individu-individu yang memiliki kemampuan interaksi sosial yang tidak seperti masyarakat pada umumnya, bos departemen IT yang justru tidak mengerti IT sama sekali (dan menjadi target lelucon karyawannya), serta sejumlah referensi-referensi unik yang menarik untuk diikuti.

Serial ini berpusat pada interaksi tim departemen IT pada Reynholm Industries, yang terdiri atas 2 pekerja, Roy Trenneman (Chris O’Dowd) dan Maurice Moss (Richard Ayoade), serta sang manajer, Jen Barber (Katherine Parkinson). Ya, departemen IT di Reynholm Industries hanya diisi 3 orang saja. Dan kantor mereka berada di wilayah basement gedung. Moss adalah seorang pakar teknologi namun terlalu polos dan naif. Sedangkan Roy, meskipun lebih “gaul” dibandingkan Moss, sering terjebak pada situasi-situasi sulit karena pergaulannya itu (putus cinta adalah salah satunya). Jen, sang manajer, juga semakin memperpanjang rangkaian ke-absurd-an tim departemen IT ini sebab Jen tidak begitu mengerti banyak hal mengenai IT. Dalam suatu adegan, Jen pernah ditanyai tentang kepanjangan dari “IT” dan dia tidak bisa menjawabnya sama sekali.

Wawancara awal Jen Barber dan Denholm Reynholm yang membuat Jen berlabuh di departemen IT. (Sumber)

Tentu saja serial ini tidak hanya menampilkan ketiga karakter ini saja sepanjang di sepanjang episode. Terdapat pula sejumlah karakter lain yang tidak kalah unik dan menyegarkan dari ketiga karakter utama tersebut. Salah satunya adalah Denholm Reynholm (Christoper Morris), pemilik Reynholm Industries yang memiliki karakter eksentrik dan meledak-ledak. Selain itu, terdapat pula Douglas Reynholm (Matt Berry), yang adalah anak dari Denholm dan menggantikan posisi ayahnya sebagai pemilik Reynholm Industries. Douglas memiliki karakter yang tidak kalah eksentrik dibandingkan ayahnya, meskipun tampil dengan gaya yang lebih flamboyan dan senang memikat para gadis. Tak ketinggalan pula Richmond (Noel Fielding), tokoh yang selalu berdadan a la gothic yang kemunculan perdananya di serial ini cukup fenomenal.

Serial IT Crowd ini merupakan serial komedi situasi yang ditulis dengan cerdas oleh Graham Linehan yang ditayangkan oleh kanal televisi Inggris, Channel 4. Serial yang mengudara selama 4 musim pada tahun 2003 hingga 2010 ini (dan memiliki 1 episode spesial pada tahun 2013), memiliki durasi sekitar 25 menit per episodenya dengan total 6 episode per musimnya. Serial IT Crowd merupakan serial komedi situasi yang menggunakan format lama, yaitu menampilkan reaksi-reaksi tawa ketika lelucon dilontarkan oleh tokoh-tokohnya. Meskipun demikian, hal ini juga menjadi keistimewaan dari serial ini sebab penggarapannya menggunakan penonton real-time, yang dimana terdapat sejumlah setting adegan yang berformat teater dan disaksikan langsung oleh sejumlah penonton. Oleh karena itu, reaksi tawa yang diberikan terasa alami ketika menyaksikan tiap episodenya.

Nick Santiago
Believes that ghosts are people from the future in some special suits
Share:

Leave a Reply